Monday, February 3, 2014

Tips Memilih Clodi

Secara teori, untuk jangka panjang clodi memang lebih murah daripada pospak. ini contoh perhitungannya:
Penggunaan pospak
( 365 hari x 2 tahun ) x (Rp 2.000 x 3 buah perhari) = Rp. 4.830.000
Penggunaan clodi
1 kali beli untuk dua tahun x 8 buah x Rp. 90.000 = Rp. 720.000
Tapi secara praktek ternyata tidak semulus itu. Clodi itu bermacam-macam jenis dan ukurannya. Kalau sudah beli dan ternyata terpakai hanya sebentar, rasa-rasanya sama borosnya.
Lho, memangnya apa yang membuat clodi hanya terpakai sebentar? Bukannya clodi itu terbuat dari kain dan bisa dicuci berulang-ulang?
ini dia penjelasannya
1. Ukuran
Ada dua jenis clodi berdasarkan ukuran. Ada yang one size, ada yang multi size. Jika bunda atau panda membeli yang one size, maka hanya dalam beberapa bulan clodi tersebut sudah tidak muat dipakai anak. Apalagi pertumbuhan bayi usia 0 – 24 bulan sangat pesat. Yang mungkin terjadi adalah bunda dan panda harus membeli clodi setiap beberapa bulan sekali.
Jika bunda memilih yang multi size perhatikan juga berat maksimal penggunaan clodi. Tiap merk memiliki batas maksimal yang berbeda. Ada yang sampai 13 kg, 15 kg, 16 kg, dan 20 kg.
2. Tipe
Yang saya ketahui, ada 3 tipe clodi. Velcro (perekat), kancing, dan pants. Jika bunda memilih tipe perekat dan kancing biasanya bermasalah ketika anak mulai lincah. Kalau bahasa iklannya, “menendang-nendang”. Akhirnya acara memakai clodi menjadi acara yang sangat meriah karena anak jarang mau berbaring lama ketika sudah lincah.
3. Ketekunan perawatan
Perlu perawatan khusus agar clodi bisa digunakan secara maksimal. Tiap lapisannya memiliki syarat dan ketentuan berlaku. Bagian karet tidak boleh dipelintir dan terkena air panas. Bagian inner harus tetap terjaga daya serapnya karena jika tidak maka clodi akan cepat bocor.
Jadi apa solusi untuk memilih clodi?
Saya rekomendasikan berdasarkan pengalaman saya dan cara pandang saya. Bila ada yang perpendapat lain, sangat diperbolehkan.
Pertama, pilih clodi yang bisa berbagai ukuran. Biasanya banyak kancingnya untuk menyesuaikan dengan pinggang dan berat anak.
Kedua, pilih yang tipe pants agar dapat digunakan hingga anak mandiri ke toilet. Tentu saja tipe pants yang ukurannya bisa disesuaikan dengan berat badan anak.

Ketiga, pelajari berbagai trik untuk merawat clodi. Clodi maksimal, anak senang, orang tua pun senang.

No comments:

Post a Comment